Pohon Spesies Khusus Ditanam di DAS Cikapundung

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat melalui Balai Pengelolaan Taman Hutan Raya Djuanda, secara bertahap mulai melakukan penanaman pohon spesies khusus di hulu dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikapundung.  Khusus sepanjang DAS Cikapundung sekira 26 kilometer mulai dari hulu hingga Dago Pakar, Kota Bandung akan ditanami tanaman keras nira (aren atau kawung) serta buah-buahan.

“Hal ini dilakukan setelah melihat kondisi lahan di hulu dan DAS Cikampundung yang terus mengalami perubahan alihfungsi. Semula sepanjang hulu dan DAS Cikapundung mulai dari Cimenyan hingga Lembang merupakan hutan dan berangsur jadi perkebunan sayuran, dan kemudian menjadi daerah peternakan sapi serta tanaman pakannya, kini dibeberapa tempat mulai dibangun rumah,” ujar Kepala Balai Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Drs. Noor Rochman, M.M., di sela-sela kegiatan penanaman tanaman khusus dilahan aset milik Pemerintah Propinsi Jawa Barat dikawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikapundung, Kamis (14/1).

Dikatakan Noor, dalam pembicaraan dengan  Asisten Daerah II Bidang Perekonomian, Wawan Irawan serta Kepala Dinas Kehutanan, Anang Sudarna, beberapa waktu lalu pihaknya diinstruksikan untuk secara bertahap melakukan penanaman tanaman khusus  dan menjadikan kawasan DAS Cikapundung di Blok Areng Cibodas sebagai kawasan Arboretum. Selain itu juga diinstruksikan agar mulai dari hulu dan DAS Cikapundung sejauh 26 kilometer ditanami pohon khas Sunda berupa pohon nira dan pohon buah-buahan. “Hal ini dengan pertimbangan kedepannya daerah hulu dan DAS Cikapundung bukan hanya sebagai kawasan hijau tetapi juga memiliki nilai ekonomis,” ujar Noor.




Sumber ( Pikiran Rakyat)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon