Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Kamis,   24 April 2014
 
Unhas Siapkan Tanaman

Panin Peduli Gratiskan Sejuta Bibit

Universitas Hasnuddin terus berupaya mengembangkan pelestarian tanaman endemik khas Sulawesi Selatan, seperti ebony, palapi, palado, kayu bitti, bintangor, tpi-tapi, dan berjenis tanaman rimbun lainya. Caranya dengan menggalakan pembibitan dan menyebar bibit ke berbagai daerah.
    "Sejauh ini program pembibitan ini berjalan baik dan bibitnya disebarkan ke berbagai wiayah. Banyak yang datang mengambil, baik instansi maupun pemerintah daerah. Saat ini pembibitan terus dilakukan karena bibit yang disemaikan sejak pertama kali Unhas Green Community diluncurkan, April lalu, sudah habis,"kata M Dahlan Abubakar dari Humas Universitas Hasanuddin (Unhas), Rabu (3/10)di Makasar.
    Menurut Dahlan, program pembibitan ini diharpkan membantu gerakan penghijauan dan pelestarian tanaman endemik Sulsel yang belakang banyak terancam punah akibat ekplositasi. Diantaranya ebony, palapi, palado, kayu bitti, bintangor, dan tapi-tapi.
    Akan halnya program Panin Peduli dari Bank Panin yang sudah dilakukan hampir dua tahun terakhir, tercatat sudah sekitar 250.000 bibit berbagai jenis tanaman dibagikan secara gratis kesejumlah wilayah. Bahkan, saat ini Panin Peduli masih menyiapkan satu juta bibit gratis siap tanam bagi yang melaksanakan kegiatan penghijauan.
    "Bibit-bibit ini kami berikan gratis, bahkan kamipun mendampingi saat penanaman hingga tanaman sudah cukup kuat. Sekarang masih ada satu juta bibit gratis yang terdiri atas trembesi dan mahoni. Beragam jenis tanaman lain, termasuk sejumlah tanamana endemik, juga kami siapkan. Siapapun yang membutuhkan, tinggal mengambil saja,"kata A Tenri Gappa, Kepala Cabang Bank Panin Wilayah Makassar.
    Kerjasama tersebut digalang dengan Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi, terutama dengan instansi-instansi yang terkait dengan kegiatan lingkungan dan kehutanan, selain juga perguruan tinggi setempat. Selain dilakukan dijalan-jalan lintas kota/kabupaten, penanam pohon dilakukan di lokasi terbuka, taman-taman kota, sekitar wilayah hutan, dan daerah aliran sungai. Dilaur Sulsel, Panin Peduli juga bekerja sama dengan Pemerintah Ternate, Ambon, Manado, Kolaka, dan Gorontalo.     


Sumber ( Kompas)

  >> Ke Indeks Berita 




Polling
  Untuk mendorong peningkatan kesadaran masayarakat dalam menanam pohon, maka yang paling perlu dilakukan adalah
Sosiasliasi
Memberikan bantuan bibit gratis
Memberikan sanksi bagi rumah-rumah yang tidak ada pohonnya
Membuat Peraturan Desa (Perdes) tentang kewajiban menanam pohon


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat