Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Senin,   24 November 2014
 
 Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


SUAKA MARGASATWA GUNUNG SAWAL


KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan Letak
Kawasan Hutan Gunung Sawal di tetapkan sebagai Suaka Margasatwa berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 420/Kpts/Um/1979 tanggal 4-7-1979 dengan luas 5.400 Ha. Sedangkan menurut hasil pengukuran dalam Berita Acara Tata batas tanggal 10-1-1979, luas kawasan Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal adalah 5.360 Ha. Secara astronomis, kawasan terletak antara 7derajat15 LS dan 180derajat 21 BT. Areal kawasan menurut administrasi pemerintahanmasuk dalam wilayah Kecamatan Panjalu, Kawali, Cipaku, Cikoneng, Cihaurbeuti, Sadananya dan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

Topografi
Pada umumnya kondisi lapangan bergelombang, berbukit terjal dan bergunung serta puncak tertinggi adalah Gunung Sawal, 1.764 meter di atas permukaan laut. Kemiringan lereng di bagian tengah antara 20-30%. Dalam kawasan ini mengalir air sungai Citanduy dengan anak-anak sungainya, yaitu Sungai Cibaruyon, Cipalih, Ciguntur. Dengan banyaknya sungai yang mengalir dalam kawasan ini, secara hydrologis kawasan ini mempunyai arti penting.

Iklim
Keadaan iklim di kawasan SM Gunung Sawal termasuk tipe B berdasarkan klasifikasi dar Schmidt dan Ferguson, curah hujan rata-rata 3.360 mm per tahun, temperatur udara berkisar antara 19 derajat 27 derajat Celsius.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Sebagian besar kawasan ini merupakan hutan alam ( 95%) dan sisanya merupakan hutan tanaman. Jenis Pohon yang terdapat di hutan alam antara lain : Teureup (Artocarpus elasticus), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanopsis argantea), Pasang (Quercus sp), Kiara (Ficus sp) dan Jamuju (Podocarpus imbricatus). Sedangkan jenis pohon yang ada dalam hutan tanaman adalah Pinus (Pinus merkusii), Damar (Agathis lorantifolia), Mahoni (Switenia mahagoni), Rasamala (Altingia excelsea) dan Kaliandra (Caliandra sp.)

Fauna
Kawasan ini merupakan habitat yang baik bagi kehidupan satwa liar, sehingga perlu pembianaan agar kelestarianya bisa di jaga. Selain itu dapat juga dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, budaya dan penelitian. Jenis satwa liar yang ada diantaranya dalah : Meong Congkok (Fellis bengalensis), Babi Hutan ( Sus vitatus), Macan Kumbang (Panthera pardus), Kancil (Tragulus javanicus), Trenggiling (Manis javanicus), Kera (Macaca fascicularis), Bajing (Sciurus sp), Lutung (Tracyphitecus auratus), Macan tutul (Panthera pardus), Kijang (Muntiacus muntjak), Kalong (Pteropus vamyrus), Elang  Lurik (Spilornia cheela), Saeran (Dicrurus leucophaeus) dan lain-lain.

AKSESIBILITAS

Rute perjalanan untuk menuju Suaka Margasatwa Gunung Sawal antara lain adalah :
  1. Bandung Ciawi Panjalu Mandalare, berjarak 100 Km, dari Mandalare melalui Tabraya menuju ke Blok pasir Ipis 6 Km (Trabaya merupakan jalan masuk menuju puncak Gunung Sawal).
  2. Bandung Tasikmalaya/Indihiang Bojongjengkol/Cihaurbeuti menuju desa Sukamaju , berjarak 140 Km, dari Sukamaju menuju Blok Cibaruyun 4 Km.
  3. Ciamis Sadananya Gunungsari, berjarak 13 Km, dari Gunungsari menuju Blok Cilopadang/Palasari 7 Km.

Edit Terakhir : 13-01-2008 22:49:31
 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat